LATIHAN SOAL PAS KELAS X.MIPA/IPS
3.1
Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
1.
Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai
warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari
PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka
tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang
tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage
of Humanity).
Pertanyaan
yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
2.
Berdasarkan kutipan paragraf nomor 1, secara struktur merupakan
bagian … teks laporan hasil observasi.
3.
Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang
menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di
Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat.
Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit
dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing.
Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek
adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh.
Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman
mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan
wayang motekar.
Paragraf
tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan …
4.
Berdasarkan paragraf nomor 3, penggalan tersebut merupakan bagian
… dalam teks laporan hasil observasi.
5.
Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan
yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media
pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media
pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia.
Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini
antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi
tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum,
dan sebagainya. Terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi
media hiburan.
Berdasarkan
kutipan paragraf tersebut dapat disimpulkan isi pokok paragraf tersebut
terdapat pada kalimat…
6.
Benda paling diminati pengunjung untuk diamati dan paling
mendominasi tempat ini adalah topeng. Ada beragam jenis topeng di museum ini.
Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan
dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng berbahan kayu
sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta,
Jakarta, dan Jawa Barat. Sementara itu, topeng yang berbahan batu berasal dari
daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
Gagasan
utama penggalan paragraf tersebut adalah ….
7.
Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan.
Dewasa ini wayang dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan karena dapat
dijadikan sarana untuk menyampaikan ajaran-ajaran yang baik dengan cara yang
menarik. Pemerintah juga seering menggunakan wayang sebagai media informasi
misalnya dengan menggelar wayang yang disisipi informasi tentang program
pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.
Terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.
Dengan kata lain, wayang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan antara lain
sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Gagasan pokok
paragraf tersebut adalah …...
8.
Kutipan paragraf nomor 7 secara struktur teks laporan hasil
observasi merupakan bagian ….
9.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Tumbuhan ini
sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang
besar (diameter bisa mencapai 30 cm).
2) Bunga ini
sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga
kecil pada satu bongkol.
3) Selain itu,
bunga tersebut juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap/
condong ke arah matahari atau heliotropisme.
4) Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari
suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang
populer, baik sebagai tanaman hias
maupun tanaman penghasil minyak.
Urutan
kalimat yang tepat agar menjadi paragraf pernyataan umum yang tepat adalah …
10.
Pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus menyebutkan dasar
pengklasifikasian dan jumlah keanggotaannya. Berikut ini kutipan
pengklasifikasian yang tepat adalah…
3.2
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
observasi
11.
Orang Kanekes atau orang badui adalah suatu kelompok masyarakat
adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.
Kesalahan
yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah …. Sebaiknya menjadi …..
12.
UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7
November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor
berasal dari Indonesia.
Kelompok
kata yang digarisbawahi tersebut merupakan ….
13.
Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi
wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang
orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka
di Jawa Barat. Penggalan paragraf yang
digarisbawahi tersebut merupakan ….
14.
Pernyataan umum biasanya disajikan dalam kalimat definisi. Kalimat
definisi seringkali mengggunakan konjungsi. Berikut ini pernyataan umum yang
tidak termasuk kalimat definisi adalah ….
15.
(1)Benda paling diminati pengunjung untuk diamati dan paling
mendominasi tempat ini adalah topeng. (2)Ada beragam jenis topeng di museum
ini. (3)Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian
berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu.
Berdasarkan
kutipan paragraf tersebut kalimat … termasuk kalimat simpleks, karena secara
dengan pola ….
Bacalah
teks berikut!
Taman
Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan
spesifik kering di Pulau Jawa. Hutan di taman ini terdiri dari tipe vegetasi
savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah,
hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Taman Nasional Baluran
memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem.
Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. Di antara jenis
tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro
bukol, mimba, dan pilang. Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan
yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan
hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering. Tumbuhan yang lain
seperti asam, gadung, kemiri, gebang, api-api, kendal, manting, dan kepuh.
Di taman ini juga terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng,
kerbau liar, ajag, kijang, rusa, macan tutul, kancil, dan kucing bakau. Satwa
banteng merupakan maskot/ciri khas Taman Nasional Baluran.
Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung di antaranya
termasuk yang langka seperti layang-layang api, tuwuk/tuwur asia, burung merak,
ayam hutan merah, kangkareng, rangkong, dan bangau tong-tong.
Taman nasional memiliki beragam manfaat berupa produk jasa
lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam. Kedua manfaat tersebut
berada pada suatu ruang dan waktu yang sama. Diperlukan suatu bentuk kebijakan
yang mampu mengatur pengalokasian sumberdaya dalam kaitannya dengan pemenuhan
kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan
aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.
16.
Berdasarkan teks tersebut terdapat dua kalimat simplek yaitu ….
17.
Sementara itu, terdapat pula kalimat majemuk setara dalam teks
tersebut, yaitu….
18.
Kalimat deskripsi yang tepat dalam teks tersebut adalah ….
3.3
Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi yang didengar dan atau dibaca
19.
Bacalah paragraf berikut! (Nomor 22-23)
Bumi
saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam
masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk,
penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan
hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari
hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena
jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang
meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan
tersebut. Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam paragraf
tersebut?
20.
Apa argument yang disampaikan oleh penulis?
21.
Rekomendasi apakah yang tepat untuk permasalahan tersebut?
22.
Sebagai
generasi muda, calon penerus seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi
yang berkualitas dengan tiga cara.
Kutipan
teks tersebut dalam teks eksposisi secara struktur kebahasaan termasuk ….
23.
Alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi
penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang
diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan
argumen penulis. Hal ini merupakan pengertian dari....
24.
Jika terdapat permasalahan “sering terjadi longsor di bukit
perbatasan kota tempat tinggal saya” maka rekomendasi dan argument yang tepat
adalah ….
25.
Pada tahun 2016 - 2017 tercatat terjadi 330 bencana banjir, 69
bencana tanah longsor, dan 23 kebakaran hutan. Bencana tersebut disebabkan oleh
perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam. Berdasarkan kutipan tersebut, termasuk
argumen dengan unsur penjelas ….
26.
Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus
segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama
lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya
kondisi bumi.
Kutipan
di atas berdasarkan struktur teks eksposisi merupakan bagian….
27.
Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan
terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Lama-kelamaan tangisan
terhadap nasib itu terlupakan dan dianggap sebagai embusan angin yang berlalu.
Bekas tangisan karena efek dari kerusakan lingkungan yang dialaminya hanya
tinggal menjadi suatu memori untuk dikisahkan. Namun, perlu diingat bahwa
tidaklah cukup jika manusia hanya sebatas menangisi nasibnya, tetapi pada
kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebut adalah hasil dari
suatu perilaku dan tindakan yang patut diperbaiki dan diubah.
Berdasarkan
kutipan paragraf tersebut, gagasan pokok paragraf adalah kalimat ....
3.4
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
28.
Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya
pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau
pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari.
Kata
rekonsiliasi dalam kutipan teks
tersebut mempunyai makna ….
29.
Bacalah penggalan paragraf berikut dengan saksama!
Petani
menggunakan jasa semut untuk menghalau predator hama wereng. Semut merupakan
salah satu predator hama wereng. Semut memangsa telur dan larva wereng sehingga mampu menekan
populasi hama pengerek daun.
Makna
istilah predator dan populasi dalam paragraf tersebut
adalah….
30.
Perhatikan teks berikut!
Bahasa
Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris.
Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut
saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa
Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia
memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia,
bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat
SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa
internasional di kawasan ASEAN.
Kata
hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks
eksposisi di atas adalah….
31.
Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus
segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama
lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah
buruknya kondisi bumi.
Berdasarkan
kutipan tersebut yang termasuk kata sifat adalah …
32.
Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa
untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski
demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih
diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar
tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di
Surabaya, Kamis (31/5). Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas
adalah….
33.
Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku
sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman
menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan
pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini.
Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan
yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia
bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan
warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yang sama. Ada banyak
laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di
seluruh wilayah Polandia. Data-data
tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya
untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka. Pronomina yang digunakan
dalam teks di atas adalah …
34.
Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
1)
Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar. 2)
misalnya, dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari
bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui
dalam belajar.3) Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses
informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari
telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak.4) Komitmen secara mental bisa dilakukan dengan
mengaitkankan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara
ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru.5) Dengan demikian, komitmen adalah prinsip
utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran. Ringkasan dari
kutipan teks eksposisi tersebut adalah ... .
35.
Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam
belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam
mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting
ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan
memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas
dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak.
Komitmen secara mental dapat dilakukan dengan mengaitkan informasi baru yang
diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk
menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein adalah prinsip utama
pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran. Arti kata “komitmen” dalam kutipan tersebut
adalah….
36.
Salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa
nasional. Kedudukan ini dimiliki sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal
28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh kenyataan bahasa Melayu yang
mendasari bahasa Indonesia telah menjadi lingua franca selama berabad-abad di
seluruh tanah air kita. Hal ini ditunjang oleh faktor tidak terjadinya
persaingan antarbahasa daerah yang satu dengan bahasa daerah lainnya. Paragraf
di atas menggunakan pola pengembangan ….
37.
(1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak
terdapat kalimat yang saling bertentangan. (2) Kohesif bermakna kepaduan. (3)
Paragraf yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antarkalimatnya padu atau berjalinan
erat. (4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara
kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. (5) Lebih jelas lagi dapat
dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling
mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya. Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi paragraf yang padu apabila disusun dengan urutan…
3.5. Mengevaluasi
teks anekdot dari aspek makna tersirat.
38.
Bacalah kutipan teks berikut ini!
Teks
1
Seekor
kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa
ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang
ingin pindah.
“Aku
tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi
peringatan saat kau pergi.”
Teks
2
Saudara-saudara
yang saya hormati,
beberapa
hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden
dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi
presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala
kebijakannya.
Teks
3
Sejak
bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan
wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara
menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa,
manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Yang
termasuk teks anekdot adalah….
39.
Bacalah kutipan teks berikut.
Seorang
wartawan mewawancarai seorang nenek berumur 112 tahun.
“Hal apa
yang menurut Anda yang terbaik saat berusia 112 tahun?” tanya wartawan.
Dia hanya
menjawab,”Tidak ada tekanan dari teman sebaya.”
Diceritakan
ulang dari: Aziz Megap-Megap, Humor Iwak Peyek Ngekek Sampai Tuwek, Jakarta
Selatan, Citra Media Pustaka, 2012
Ungkapan
tersirat dalam jawaban tokoh nenek pada anekdot tersebut adalah…
40.
Kisah
Pemulung
Pada siang
hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan
antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh
yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan
tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak
menaati aturan tersebut.
Pak RT : “Pak sedang cari apa di
tempat sampah itu?”
Pemulung : “Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol
plastik yang dapat didaur ulang.”
Pak RT : “Maaf ya
Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini,
tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT : “Di
papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di
perumahan ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa
baca tulisan yang di papan itu, tentu
saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT
kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya
juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan
larangan pemulung.
Dari segi
makna tersirat, teks anekdot di atas dapat diinterpretasikan sebagai...
41.
Cermatilah pernyataan-pernyataan berikut !
1)
Salah satu perbedaan anekdot dan cerita lucu adalah dalam anekdot
terdapatnya sindiran atau kritikan.
2)
Dalam cerita lucu terdapat sindiran atau kritikan untuk
pihak-pihak tertentu.
3)
Anekdot yang ideal mempunyai struktur abstraksi, orientasi,
krisis, reaksi, dan koda
4)
Cerita lucu hanya memiliki struktur reaksi
5)
Penanda krisis dalam anekdot adalah adanya kekonyolan yang
bersifat menyindir.
Pasangan
pernyataan yang benar berkaitan dengan anekdot dan cerita lucu adalah . . .
42.
Perhatikan teks anekdot berikut!
Tips
Agar Lulus UN
(1)Seorang
wali kelas memberikan nasihat pada murid-muridnya di kelas bahwa jika mereka
ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah.(2) Lalu para murid pun
mempertanyakan pernyataan wali kelas tersebut “ Emang apa kaitanya Patuh pada
perintah dengan lulus UN bu?” (3)Wali kelas pun menjawab “setiap soalkan sudah
ada perintah yang jelas "PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR" ini
yang harus kalian patuhi, maka JANGAN PILIH JAWABAN YANG SALAH" pasti kalian
akan lulus UN. (4)Murid:@#$$%^^&& sambil geleng-geleng kepala.(5)
Akhirnya pelajaran pun dilanjutkan kembali.
Unsur
kelucuan pada anekdot tersebut terdapat pada kalimat nomor….
43.
Cermatilah penggalan teks berikut !
Balasan dari Tukang sayur
Membalas
kentang suratmu itu
Brokoli-brokoli
sudah kubilang
Jangan tiap
dateng rambutmu selalu kucai
Jagungmu tak
pernah dicukur
Disuruh
dateng malem minggu
eh nongolnya
hari labu
Ditambah
kondisi keuanganmu makin hari makin pare
Kalo mau
nelpon aku aja mesti ke wortel
Terus terong
aja cintaku padamu sudah lama tomat
Jangan
kangkung aku lagi
aku mau
hidup seledri
Cabe dech.
Dari :
Sayurati
Penggalan
teks tersebut bukan merupakan teks anekdot karena … .
44.
Cermatilah penggalan teks berikut !
Dosen
yang juga menjadi Pejabat
Di kantin sebuah
universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
Tono : “Saya heran dosen ilmu politik,
kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri.”
Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih
Ton.”
Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”
Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau
kakinya tidak kuat berdiri.”
Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia
juga seorang pejabat.”
Udin : “Loh, apa hubungannya.”
Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut
kursinya diduduki orang lain.”
Udin : “???”
Sumber:
http://radiosuaradogiyafm.blogspot.co.id dengan penyesuaian
Pesan moral
yang terdapat pada teks anekdot tersebut…
45.
Cermatilah penggalan teks berikut !
Mahasiswa
lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala
seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara
tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman
adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang.
Makna
idiomatis dari klausa yang tercetak tebal pada penggalan teks anekdot tersebut
adalah . . .
3.6.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot.
46. Perhatikan
teks di bawah ini !
(1) Seorang
laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia
menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai
utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200
ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman
bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman
$200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi
saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan
sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.
Orientasi
pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
47. Bagian
krisis pada teks anekdot tersebut adalah …
48. Bacalah teks
anekdot berikut dengan saksama!
Holmes dan
Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam, Holmes
terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit dan
katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata
Watson. “Dan apa kesimpulannya, Watson?”Watson berpikir sejenak. “Baik,”
katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran
planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo.
Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi,
menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat
bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa,
Holmes?” “Watson, tenda kita dicuri orang!”
Isi teks
anekdot tersebut adalah …
49. Dari teks
anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
50. Mengandung
banyak nilai yang dapat diteladani dalam kehidupan, hal tersebut merupakan
fungsi cerita rakyat sebagai …
51. Tersebutlah
perkataan seorang raja yang bernama Indera Bungsu dari Negeri Kobat Syahrial.
Setelah berapa lama di atas kerajaan, tiada juga beroleh putra. Maka pada suatu
hari, ia pun menyuruh orang membaca doa qunut dan sedekah kepada fakir dan
miskin. Hatta beberapa lamanya, Tuan Puteri Sitti Kendi pun hamillah dan
bersalin dua orang putra laki-laki. Adapun yang tua keluarnya dengan panah dan
yang muda dengan pedang. Maka baginda pun terlalu amat sukacita dan menamai
anaknya yang tua Syah Peri dan anaknya yang muda Indera Bangsawan. Isi pokok
hikayat tersebut adalah ….
52. Hikayat
merupakan sebuah teks narasi yang berbeda dengan narasi lain. Karakteristik
hikayat adalah…
53. Pada suatu hari Khojan Maimun tertarik akan perniagaan di laut,
lalu minta izinlah dia kepada istrinya. Kutipan tersebut menunjukkan nilai …
54. Maka anaknda
baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi
mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji
kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Kutipan
hikayat tersebut menunjukkan bahwa cerita rakyat memiliki nilai …
55. Dalam cerita
hikayat tersebut menggunakan majas, perbedaan majas litotes, ironi, perumpamaan,
antonomasia, simile ….
56. Apakah makna
kata-kata arkais berikut?
a) bejana
b) beroleh
c) buluh
d) inang
e) mahligai
f)
memperlalaikan
g) paras
h) titah
i)
tiung
j)
upeti
57. Bedakan
termasuk kata/istilah!
a.
adaptasi
b. mendengar
c.
akumulasi
d. bakteri
e.
aliran kimiawi
58. Analisislah
daftar kata beriku berdasarkan kelas kata!
a.
kunang-kunang
b. lari-lari
c.
berapi-api
d. tersenyum-senyum
e.
bertaburan
f.
unjuk gigi
g.
cairan
h. asinan
i.
sayur-saruan
j.
simpulan
ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
BalasHapusdapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q