Sabtu, 30 November 2019

LATIHAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS X.MIPA/IPS TAHUN 2019/2020


LATIHAN SOAL PAS KELAS X.MIPA/IPS

3.1    Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

1.              Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
2.              Berdasarkan kutipan paragraf nomor 1, secara struktur merupakan bagian … teks laporan hasil observasi.
3.              Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.
Paragraf tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan …
4.              Berdasarkan paragraf nomor 3, penggalan tersebut merupakan bagian … dalam teks laporan hasil observasi.
5.              Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya. Terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.
Berdasarkan kutipan paragraf tersebut dapat disimpulkan isi pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat…
6.              Benda paling diminati pengunjung untuk diamati dan paling mendominasi tempat ini adalah topeng. Ada beragam jenis topeng di museum ini. Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sementara itu, topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
Gagasan utama penggalan paragraf tersebut adalah ….
7.              Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan. Dewasa ini wayang dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan karena dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan ajaran-ajaran yang baik dengan cara yang menarik. Pemerintah juga seering menggunakan wayang sebagai media informasi misalnya dengan menggelar wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya. Terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan. Dengan kata lain, wayang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …...
8.              Kutipan paragraf nomor 7 secara struktur teks laporan hasil observasi merupakan bagian ….
9.              Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)      Tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm).
2)      Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol.
3)      Selain itu, bunga tersebut juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap/ condong ke arah matahari atau heliotropisme
4)      Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias  maupun tanaman penghasil minyak
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf pernyataan umum yang tepat adalah …
10.           Pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus menyebutkan dasar pengklasifikasian dan jumlah keanggotaannya. Berikut ini kutipan pengklasifikasian yang tepat adalah…

3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
11.           Orang Kanekes atau orang badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.
Kesalahan yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah …. Sebaiknya menjadi …..
12.           UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia.
Kelompok kata yang digarisbawahi tersebut merupakan ….
13.            Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penggalan paragraf yang digarisbawahi tersebut merupakan ….
14.           Pernyataan umum biasanya disajikan dalam kalimat definisi. Kalimat definisi seringkali mengggunakan konjungsi. Berikut ini pernyataan umum yang tidak termasuk kalimat definisi adalah ….
15.           (1)Benda paling diminati pengunjung untuk diamati dan paling mendominasi tempat ini adalah topeng. (2)Ada beragam jenis topeng di museum ini. (3)Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu.
Berdasarkan kutipan paragraf tersebut kalimat … termasuk kalimat simpleks, karena secara dengan pola ….
Bacalah teks berikut!
Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa. Hutan di taman ini terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem.
Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. Di antara jenis tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol, mimba, dan pilang. Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering. Tumbuhan yang lain seperti asam, gadung, kemiri, gebang, api-api, kendal, manting, dan kepuh.
Di taman ini juga terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng, kerbau liar, ajag, kijang, rusa, macan tutul, kancil, dan kucing bakau. Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas Taman Nasional Baluran.
Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung di antaranya termasuk yang langka seperti layang-layang api, tuwuk/tuwur asia, burung merak, ayam hutan merah, kangkareng, rangkong, dan bangau tong-tong.
Taman nasional memiliki beragam manfaat berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam. Kedua manfaat tersebut berada pada suatu ruang dan waktu yang sama. Diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumberdaya dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.
16.           Berdasarkan teks tersebut terdapat dua kalimat simplek yaitu ….
17.           Sementara itu, terdapat pula kalimat majemuk setara dalam teks tersebut, yaitu….
18.           Kalimat deskripsi yang tepat dalam teks tersebut adalah ….
3.3 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
19.           Bacalah paragraf berikut! (Nomor 22-23)
Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam paragraf tersebut?
20.           Apa argument yang disampaikan oleh penulis?
21.           Rekomendasi apakah yang tepat untuk permasalahan tersebut?
22.           Sebagai generasi muda, calon penerus seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas dengan tiga cara.
Kutipan teks tersebut dalam teks eksposisi secara struktur kebahasaan termasuk ….
23.           Alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Hal ini merupakan pengertian dari....
24.           Jika terdapat permasalahan “sering terjadi longsor di bukit perbatasan kota tempat tinggal saya” maka rekomendasi dan argument yang tepat adalah ….
25.           Pada tahun 2016 - 2017 tercatat terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, dan 23 kebakaran hutan. Bencana tersebut disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam. Berdasarkan kutipan tersebut, termasuk argumen dengan unsur penjelas ….
26.           Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
Kutipan di atas berdasarkan struktur teks eksposisi merupakan bagian….
27.           Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Lama-kelamaan tangisan terhadap nasib itu terlupakan dan dianggap sebagai embusan angin yang berlalu. Bekas tangisan karena efek dari kerusakan lingkungan yang dialaminya hanya tinggal menjadi suatu memori untuk dikisahkan. Namun, perlu diingat bahwa tidaklah cukup jika manusia hanya sebatas menangisi nasibnya, tetapi pada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebut adalah hasil dari suatu perilaku dan tindakan yang patut diperbaiki dan diubah.
Berdasarkan kutipan paragraf tersebut, gagasan pokok paragraf adalah kalimat ....
3.4    Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
28.           Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari.
Kata rekonsiliasi dalam kutipan teks tersebut mempunyai makna ….
29.           Bacalah penggalan paragraf berikut dengan saksama!
Petani menggunakan jasa semut untuk menghalau predator hama wereng. Semut merupakan salah satu predator hama wereng. Semut memangsa telur  dan larva wereng sehingga mampu menekan populasi hama pengerek daun.
Makna istilah predator dan populasi dalam paragraf tersebut adalah….
30.           Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….
31.           Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
Berdasarkan kutipan tersebut yang termasuk kata sifat adalah …
32.           Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5). Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….
33.           Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yang sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia.  Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka. Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah  

34.           Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
1) Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar. 2) misalnya, dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui dalam belajar.3) Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak.4)  Komitmen secara mental bisa dilakukan dengan mengaitkankan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru.5)  Dengan demikian, komitmen adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran. Ringkasan dari kutipan teks eksposisi tersebut adalah ... .
35.           Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. Komitmen secara mental dapat dilakukan dengan mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.                                    Arti kata “komitmen” dalam kutipan tersebut adalah….
36.           Salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa nasional. Kedudukan ini dimiliki sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh kenyataan bahasa Melayu yang mendasari bahasa Indonesia telah menjadi lingua franca selama berabad-abad di seluruh tanah air kita. Hal ini ditunjang oleh faktor tidak terjadinya persaingan antarbahasa daerah yang satu dengan bahasa daerah lainnya. Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ….
37.           (1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat kalimat yang saling bertentangan. (2) Kohesif bermakna kepaduan. (3) Paragraf yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antarkalimatnya padu atau berjalinan erat. (4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. (5) Lebih jelas lagi dapat dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu apabila disusun dengan urutan…
3.5.         Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
38.           Bacalah kutipan  teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Saudara-saudara yang saya hormati,
beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
Teks 3
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Yang termasuk teks anekdot adalah….
39.           Bacalah kutipan teks berikut.
Seorang wartawan mewawancarai seorang nenek berumur 112 tahun. 
“Hal apa yang menurut Anda yang terbaik saat berusia 112 tahun?” tanya wartawan.          
Dia hanya menjawab,”Tidak ada tekanan dari teman sebaya.”
Diceritakan ulang dari: Aziz Megap-Megap, Humor Iwak Peyek Ngekek Sampai Tuwek, Jakarta Selatan, Citra Media Pustaka, 2012
Ungkapan tersirat dalam jawaban tokoh nenek pada anekdot tersebut adalah…

40.                                                                             Kisah Pemulung
Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.
Pak RT                       : “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung : “Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”
Pak RT                                       : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT                                       : “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.
Dari segi makna tersirat, teks anekdot di atas dapat diinterpretasikan sebagai...

41.           Cermatilah pernyataan-pernyataan berikut !
1)        Salah satu perbedaan anekdot dan cerita lucu adalah dalam anekdot terdapatnya sindiran atau kritikan.
2)        Dalam cerita lucu terdapat sindiran atau kritikan untuk pihak-pihak tertentu.
3)        Anekdot yang ideal mempunyai struktur abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda
4)        Cerita lucu hanya memiliki struktur reaksi
5)        Penanda krisis dalam anekdot adalah adanya kekonyolan yang bersifat menyindir.
Pasangan pernyataan yang benar berkaitan dengan anekdot dan cerita lucu adalah . . .

42.           Perhatikan teks anekdot berikut!
Tips Agar Lulus UN
(1)Seorang wali kelas memberikan nasihat pada murid-muridnya di kelas bahwa jika mereka ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah.(2) Lalu para murid pun mempertanyakan pernyataan wali kelas tersebut “ Emang apa kaitanya Patuh pada perintah dengan lulus UN bu?” (3)Wali kelas pun menjawab “setiap soalkan sudah ada perintah yang jelas "PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR" ini yang harus kalian patuhi, maka JANGAN PILIH JAWABAN YANG SALAH" pasti kalian akan lulus UN. (4)Murid:@#$$%^^&& sambil geleng-geleng kepala.(5) Akhirnya pelajaran pun dilanjutkan kembali.
Unsur kelucuan pada anekdot tersebut terdapat pada kalimat nomor….

43.           Cermatilah penggalan teks berikut !
Balasan dari Tukang sayur
Membalas kentang suratmu itu
Brokoli-brokoli sudah kubilang
Jangan tiap dateng rambutmu selalu kucai
Jagungmu tak pernah dicukur
Disuruh dateng malem minggu
eh nongolnya hari labu
Ditambah kondisi keuanganmu makin hari makin pare
Kalo mau nelpon aku aja mesti ke wortel
Terus terong aja cintaku padamu sudah lama tomat
Jangan kangkung aku lagi
aku mau hidup seledri
Cabe dech.
Dari : Sayurati
Penggalan teks tersebut bukan merupakan teks anekdot karena … .

44.           Cermatilah penggalan teks berikut !
Dosen yang juga menjadi Pejabat
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
Tono           : “Saya heran dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri.”
Udin           : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”
Tono           : “Ya, Udin tahu sebabnya.”
Udin           : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”
Tono           : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga seorang pejabat.”
Udin           : “Loh, apa hubungannya.”
Tono           : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”
Udin           : “???”
Sumber: http://radiosuaradogiyafm.blogspot.co.id dengan penyesuaian
Pesan moral yang terdapat pada teks anekdot tersebut…

45.           Cermatilah penggalan teks berikut !
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang.
Makna idiomatis dari klausa yang tercetak tebal pada penggalan teks anekdot tersebut adalah . . .

3.6.              Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
46.      Perhatikan teks di bawah ini !
(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.
Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
47.      Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …
48.      Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!
Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata Watson. “Dan apa kesimpulannya, Watson?”Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?” “Watson, tenda kita dicuri orang!”
Isi teks anekdot tersebut adalah …
49.      Dari teks anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
50.      Mengandung banyak nilai yang dapat diteladani dalam kehidupan, hal tersebut merupakan fungsi cerita rakyat sebagai …
51.      Tersebutlah perkataan seorang raja yang bernama Indera Bungsu dari Negeri Kobat Syahrial. Setelah berapa lama di atas kerajaan, tiada juga beroleh putra. Maka pada suatu hari, ia pun menyuruh orang membaca doa qunut dan sedekah kepada fakir dan miskin. Hatta beberapa lamanya, Tuan Puteri Sitti Kendi pun hamillah dan bersalin dua orang putra laki-laki. Adapun yang tua keluarnya dengan panah dan yang muda dengan pedang. Maka baginda pun terlalu amat sukacita dan menamai anaknya yang tua Syah Peri dan anaknya yang muda Indera Bangsawan. Isi pokok hikayat tersebut adalah ….
52.      Hikayat merupakan sebuah teks narasi yang berbeda dengan narasi lain. Karakteristik hikayat adalah…
53.      Pada suatu hari Khojan Maimun tertarik akan perniagaan di laut, lalu minta izinlah dia kepada istrinya. Kutipan tersebut menunjukkan nilai …
54.    Maka anaknda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Kutipan hikayat tersebut menunjukkan bahwa cerita rakyat memiliki nilai …
55.      Dalam cerita hikayat tersebut menggunakan majas, perbedaan majas litotes, ironi, perumpamaan, antonomasia, simile ….


56.    Apakah makna kata-kata arkais berikut?
a)       bejana
b)      beroleh
c)       buluh
d)      inang
e)       mahligai
f)        memperlalaikan
g)       paras
h)      titah
i)        tiung
j)        upeti

57.      Bedakan termasuk kata/istilah!
a.        adaptasi
b.       mendengar
c.        akumulasi
d.       bakteri
e.        aliran kimiawi

58.      Analisislah daftar kata beriku berdasarkan kelas kata!
a.        kunang-kunang
b.       lari-lari
c.        berapi-api
d.       tersenyum-senyum
e.        bertaburan
f.         unjuk gigi
g.        cairan
h.       asinan
i.         sayur-saruan
j.         simpulan


1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

  CAMPUR KODE DALAM VIDEO HELMY YAHYA BICARA  Oleh: Christina Fitri Puji Wahyuningsih/ NPM 22520026 Pendahuluan Sosiolinguistik    a...